468x60 Ads

Sabtu, 10 November 2012

Pembukaan Kegiatan DIKLATSAR UKM KSR PMI Adi Buana Suarabaya

Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarelawan Remaja (UKM KSR) Palang Merah Indonesia PMI unit Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Unipa) menggelar pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) tentang PMI. Diklatsar ini akan dilangsungkan selama tiga minggu, mulai 10 Oktober hingga 16 Desember mendatang.

Kegiatan yang digelar selama 120 jam mata pelajaran tersebut, akan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Adapun pemateri Diklatsar didatangkan dari PMI Kota Surabaya.

Ketua Umum UKM KSR PMI unit Unipa Moh Makrus Sahlan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan awal bagi seluruh mahasiswa di Unipa tahun 2012. Tak hanya itu, Diklatsar UKM KSR PMI unit Unipa pertama kali yang diselenggarakan di lingkungan kampus Semangat pagi ini.
 
“Kegiatan diklatsar ini diikuti sebanyak kurang lebih ada 50 peserta yang terdiri dari mahasiswa lintas program studi yang ada di Unipa. Nantinya akan dikembangkan kepada seluruh mahasiswa lainnya di kampus ini,” ujar Makrus, kemarin.

Wakil Rektor III Unipa bidang Kemahasiswaan menambahkan, rektorat Unipa akan selalu mendorong serta mendukung mahasiswa untuk aktif di kegiatan kemahasiswaan. Karena, kegiatan ini akan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi setiap individu mahasiswa untuk mengasah soft skill yang dimiliki.

“Nantinya, semua mahasiswa yang telah mengikuti diklatsar, akan diberikan kesempatan mengembangkan jaringan kegiatan tersebut. Dapat memberikan materi tentang kegiatan PMI kepada sekolah-sekolah yang ada di Kota Surabaya. Kegiatan (diklatsar) ini merupakan bentuk dari pengabdian kepada masyarakat,” kata Pak Rozuly.

Kata dia, tujuan penyelenggaraan Diklatsar KSR PMI unit Unipa di antaranya, agar dapat memberikan wahana pengetahuan bagi mahasiswa dalam mendarma bhaktikan diri pada tugas-tugas sosial kepalang merahan Indonesia dan kemanusia, sebagai bentuk tanggung jawab moral dan sosial kemasyarakatan dan kebangsaan.

“Kemudian juga untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai kader PMI yang sejati, peduli pada lingkungan serta meningkatkan kebersamaan dalam masyarakat,” ujar Pak Rozuly.

Sementara itu, Bapak Djoko AW selaku salah satu pembina UKM KSR-PMI Unipa menyampaikan rasa bangganya terhadap seluruh civitas akademika Unipa yang telah mengadakan diklatsar ini.

“Diharapkan, di masa yang akan datang, di kampus-kampus dapat terbentuk kelompok intelektual dari kalangan mahasiswa kampus dalam setiap cabang PMI. Jadi, pihak kampus tidak hanya melakukan kegiatan menuntut ilmu dan mengasah otak, namun juga senantiasa melakukan kegiatan sosial peduli serta siap-siaga apabila diperlukan tenaganya oleh PMI,” ujar Pak Djoko AW

0 komentar:

Posting Komentar